Tips sehat dan resep masakan merupakan blog yg berbagi tentang tips menjaga kesehatan tubuh,kecantikan dan juga berbagi tentang resep masakan ,yg di bagikan ke halayak umum,semoga bermanfaat bagi kita semua.amiiiin!

Tips supaya ketika lari nafas tidak ngo-ngosan

Tips supaya ketika lari nafas tidak ngo-ngosan


        Di masyarakat kita maupun di mancanegara olah raga lari sudah merupakan olah raga yg sangat fymiliar betapa tidak lari menjadi salah satu cabang atletik yg di perlombakan di event olah raga nasional maupun internasional,bagi mereka atlit lari, lari tentu sudah menjadi makanan sehari2 sehingga tidak ada lagi keluhan seperi ngo-ngosan ataupun keluhan yg lain,tapi sebaliknya bagi kita yg bukan pelari profesional tentu terkadang banyak keluhan yg timbul seperti,karna keluhan berat badan sehingga ketika lari cepat capek,sesak nafas,maupun ngo-ngosan saat berlari.

    Lalu apasih yg membuat manusia nafasnya terengah2 / ngos-ngosan saat berlari? itu sebagai akibat dari berkurangnya asupan udara/oksigen yg masuk,ketika manusia berlari,tubuh membutuhkan banyak sekali oksigen untuk bernafas,nah di saat itu pula tubuh tidak dapat mengkonpensikan kebutuhan akan oksigen yg di perlukan oleh tubuh wah hasil kita akan mengalami nafas tersendat2 atau sering di sebut ngos-ngosan.

   Untuk mengurangi nafas yg ngos-ngosan bisa mencoba cara di bawah ini.Tujuanya adalah kebuthan tubuh akan oksigen ketika berlari tetap ter penuhi.


1. Bernfas dr mulut

   Ketika seseorang berlari dan bernafas melalui mulut maka otot2 pada wajah akan menjadi rileks akan tercipta ketenangan dan akan terasa lebih santai sehingga memungkinkan anda menghirup oksigen lebih banyak.begitu juga karbon dioksida yg keluar juga akan lebih banyak di banding ketika bernafas melalui hidung.dan ketika nafas anda mulai habis alias terengah2 maka di sarankan berhenti berlari dan mengatur nafas sambil berjalan dan bukan berhenti.dan kembali berlari ketika nafas kembali normal.

2.Lakukan bernafas dgn berirama

bernafas dgn berirama di sini adalah .salah satu contoh ketika anda berlari cepat maupun lambat usahakan di dalam mengambil nafas secara konsisten atau berirama misal setiap 2 langkah ataupu setap 3 langkah sekali.hal ini di sesuaikan dgn kondisi tubuh anda.

3.sikapadan

ketrika anda berlari pastikan menentukan kecondongan badan anda usahakan di posisi 60 derajat,atau agak condok ke depan hal ini untuk mengurangi gaya gesekan antara nada dgn angin.juga bermanfaat untuk menambah cepatnya berlari anda.

4.Memperhatikan nafas

Saat berlari pastikan gunakan telinga anda untuk mengotrol irama pernafasan anda.ketika anda jumpai nafas mulai terengah2 segera mungkin kurangi kecepatan berlari.ketika nafas sudah kembali normal tambah kecepatan berlari anda.dan pastikan jgn terlalu lambat atau malah berhenti,karna mengakibatkan anda merasa capek,hal ini di sebabkan karna asam laktat yg terdapat di otot akan keluar ketika anda berhenti bergerak,
   
   Perlu kita ketahui bahwa bernafas dgn benar sangat membantu anda menurunkan stress juga dapat meningkatkan stamina tubuh anda dgn tepat.cobalah untuk tetap fokus pada pernafasan anda ketika anda berlari.

5. Menganbil nafas pendek

dgn bernafas dgn dangkal/pendek2 oksigen yg kita hirup akan di proses dgn sempurna,sehingga anda akan lebih mudah mengatur nafas sehingga berlari pun akan terasa nyaman.sebaliknya dgn bernafas panjang ,membuat anda tidak dapat berlari jauh maupun lama hal ini karna oksigen yg anda hirup tidak dapat di prosesdgn sempurna.

6.Lebih sering menggunakan nafas perut.

Bernafas menggunakan pernafasan perut atau juga di sebut nafas diafragma dan bukan nafas menggunakan dada,untuk melatihnya anda dapat melakukan hal berikut,berbaringlah/terlentang perhatikan gerakan perut anda ketika anda bernafas,nafas yg benar adalah ketika seseorang bernafas perut akan bergerak naik dan turun sedangkan dada akan berkurang pergerakanya.nah ini dapat di praktekan ketika anda berlari untuk mendapatkan nafas yg baik.


 ====== Salamat mencoba Tips supaya lari tidak ngos-ngosan =======

Jgn lupa baca juga:

Cara menghilangkan karang pada gigi

5 cara hidup sehat

Obat herbal untuk penyakit asam urat

Penyebab flu dan cara mengobatinya

Tips sehat dan cantik alami
Kupopuler kanBerita





Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by wajibnya menetapi jamaah, Published at Tuesday, May 06, 2014
Copyright © 2013 tips sehat Dan resep masakan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali