Tips sehat dan resep masakan merupakan blog yg berbagi tentang tips menjaga kesehatan tubuh,kecantikan dan juga berbagi tentang resep masakan ,yg di bagikan ke halayak umum,semoga bermanfaat bagi kita semua.amiiiin!

Berbuka dengan yg manis -manis sudah benar apa salah

Berbuka dengan yg manis -manis sudah benar apa salah

kurma     aswrwb...Sebentar lagi bulan ramadan ,bulan penuh berkah,rahmad dan juga ampunan,sebelum bulan puasa tiba tak ada salah nya kita updet pengetahuan kita tentang kesehatan di bulan ramadan.seringkali kita mendengar ketika berbuasa berbukalah dgn yg manis2 sebenarnya ini baik atau tidak,konon ini di contohkan oleh rosulluloh? benarkah?

  Di dlm sebuah hadist riwayat anas bin malik"anas berkata bahwa rosul berbuka dgn kutab /kurma yg lembek,dan itu di lakukan sebelum sholat mahgrib,tapi jika tidak ada kutab,rosul berbuka dgn tamr(kurma kering) tapi jika tidak ada tamr rosul berbuka dgn meneguk air.Hr.anas dan abu dawud.

  Bahkan rosul juga bersabda "berbukalah kalian dgn kurma,tapi jika kalian tidak memperolehnya maka berbukalah dgn air,mk ssg nya air itu suci.Nah di sini jelas kalau sesuai sunah berbuka itu dgn kurna tapi jika tidak ada kurma bisa dgn meminum air .pertanyaanya apakah sama kurma dgn yg manis2? jawabanya tentu tidak karna kurma menganduk korbohidrat komplek/ complek karbohydrat ,sebalikya gula atau yg manis2 yg terdapat dlm makanan maupun minuman yg biasa kita konsumsi ketika berbuka puasa hanya mengandung korbohidrat sederhana/ simple carbohydrat.

   Lalu dari manakah kebiasaan/istilah berbuak lah dgn yg manis2? tentu ini tidak jelas asbabunuzulnya,bahkan jika kita berbuka dgn yg manis2/ mengandung gula justru tidak baik bagi kesehatan,karna ketika kita berpuasa maka gula darah kita akan turun,ketika kita mengkonsumsi yg manis2 maka gula darah akan meningkat.sebaliknya ketika kita mengkonsumsi kurma,dgn catatan kurma segar ya,bukan kurna yg telah jadi manisan seperti yg ada di pasar2 ketika bulan puasa,ketika kurma segar di konsumsi,sedangkan kurma segar bernutrisi tinggi tapi berkalori rendah sehingga tidak meningkatkan gula darah dan tidak membuat gemuk.

  Padahal kurma yg kita beli di negara kita ini adalah kurma manisan yg telah di beri gula dan di beri pengawet supaya dalam proses expor nya tahan lama.kesimpulanya bagi kita yg tinggal di indonesia yg apabila ingin mendapatkan kurma segar juga sangat susah maka yg terbaik ketika berbuka puasa adalah dgm minum air putih lalu sholat magrib kemudian makan nasi seperti biasa .

    lalu kenapa ko, nasi? karna nasi mengandung karbohidrat komplek sehinga proses nya pun lama tidak seperti makanan atau minuman yg manis2 cepat di serap oleh tubuh sehingga di bulan puasa bukan kurus malah tambah gemuk. bersambung di artikel selanjutnya.

     selamat menjalankan ibadah puasa ,semoga bermanfaat.

Baca juga:


Resep membuat cumi asam manis paling enak




Tips sehat dan cantik alami

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by wajibnya menetapi jamaah, Published at Monday, June 16, 2014

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 tips sehat Dan resep masakan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali